Memiliki AC terbaik di rumah tentu membuat Anda tidak merasa khawatir lagi jika cuaca sedang panas atau suhu di luar ruangan sangat tinggi. Masuk ke rumah atau ruangan yang ber-AC akan terasa seperti surga saat cuaca sedang panas-panasnya. Nah saat ini AC inverter adalah salah satu jenis AC terbaik yang cukup populer di kalangan masyarakat. Mungkin Anda adalah salah satu yang memiliki AC inverter di rumah.

Tahukah Anda bahwa mayoritas produk AC terbaik tipe inverter di buat di pabrikan luar negeri, jadi dengan kata lain produk ini adalah impor. Produk impor identik dengan kualitasnya yang bagus jika dibandingkan dengan produk yang dibuat di Indonesia (lokal). Nah sayangnya di masyarakat beredar rumor bahwa AC inverter lebih cepat rusak jika dibandingkan dengan AC standar. Apakah Anda termasuk salah seorang yang percaya dengan rumor ini?

Sebelum Anda ikut terbawa rumor yang tidak pasti, Anda harus tahu bahwa AC terbaik jenis apapun bisa cepat rusak jika Anda menggunakannya dengan tidak benar.  Pemasangan atau instalasi awal yang tidak benar juga bisa menjadi pemicu rusaknya AC terbaik Anda. Untuk menghindari kerusakan yang mungkin bisa terjadi, Anda bisa memastikan sebelumnya beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan sebelum dipasang, AC terbaik tipe inverter Anda di vacuum terlebih dahulu.
  • Gunakan pipa dengan ketebalan minimal 0.6 mm dan jangan lupa untuk mem-flaring pipa Freon dengan benar.
  • Perhatikan panjang pipa Freon yang akan dipasang dan juga perbedaan tinggi unit indoor serta unit outdoor yang sesuai dengan standar dari pabrikan.
  • Kemudian untuk masalah pemeliharaan, Anda harus memastikan bahwa AC terbaik di rumah harus disservice secara rutin setidaknya 2 sampai 3 bulan sekali agar AC terbaik tetap berada pada kondisi optimal.
  • Saat dilakukan service, Anda juga harus memastikan bahwa tukang service yang Anda pilih terpercaya dan bisa dipertanggung jawabkan hasil kerjanya.

Jadi kesimpulannya, AC inverter Anda akan lebih cepat rusak jika memang Anda salah dalam menggunakan dan memeliharanya. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas kemungkinan besar AC terbaik di rumah akan lebih awet lagi. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan AC terbaik Anda di rumah ya..

Mengapa AC Inverter Anda Lebih Cepat Rusak 2